Materi Kuliah

antar muka komputer 
Interaksi manusia dan komputer (IMK)

 tujuan IIMK :
žMempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer.

žPara perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
 Model atau Jenis Interaksi :

žCommand line interface (perintah baris tunggal)

¡unix, linux, dos

ž Menu  (menu datar dan menu tarik)

¡hampir semua software menggunakan menu

žNatural language (bahasa alami)

¡bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)

¡Question/answer and query dialogue 
¡mysql, dbase interaktif, dll

žForm-fills and spreadsheets 

¡excel, lotus, dll

žWIMP

¡Windows Icon Menu Pointer

¡Windows Icon Mouse Pulldown Menu

¡Yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll
 

Antarmuka merupakan topeng dari sebuah sistem atau sebuah pintu gerbang masuk ke sistem dengan diwujudkan ke dalam sebuah aplikasi software. Oleh karena itu sebuah software seolah-olah mengenal usernya, mengenal karakteristik usernya, dari sifat sampai kebiasaan manusia secara umum.

žDesainer harus mencari dan mengumpulkan berbagai karakteristik serta sifat dari user karena antarmuka harus disesuaikan dengan user yang jumlahnya bisa jadi lebih dari 1 dan mempunyai karakter yang berbeda.

žHal tersebut harus terpikirkan oleh desainer dan tidak dianjurkan merancang antarmuka dengan didasarkan pada dirinya sendiri, Survey adalah hal yang paling tepat

Untuk lebih jelasnya klik https://skydrive.live.com/?cid=8f9c63523d6eeccc&id=8F9C63523D6EECCC!127

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar